Psikologi Warna Dalam Desain Logo

Warna, warna adalah sebuah bagian yang peting dalam sebuah desain. Banyak designer harus berfikir ekstra untuk memperoleh warna yang tepat dalam membuat sebuah desain. Apakah anda tahu bahwa setiap warna sebenarnya memiliki makna yang berbeda. Sebagai contoh warna biru. Warna biru bisa memiliki makna kepercayaan, Tenang, keyakinan dan Keseriusan.

Untuk lebih mengenal aspek warna dalam desain sebuah logo, kali ini organix akan membahas mengenai trik psikologi warna pada desain logo. Sebuah logo yang baik bukan hanya sekedar desain yang indah dan menarik untuk sebuah brand anda. Namun merupakan sebuah desain yang dapat menggambarkan dan  menceritakan pesan serta emosi yang tepat mengenai brand tersebut. Warna dalam logo berfungsi sebagai pemicu psikologis untuk membuat pelanggan yakin bahwa brand tersebut adalah pilihan terbaik untuk mereka.  Berikut ini adalah rincian dasar beberapa warna beserta makna emosi yang terkandung didalamnya sebagai panduan dalam pembuatan logo  :

 

Merah : Passion, Cinta, kemarahan, sensualitas dan intensitas

Warna merah merupakan warna yang paling sering digunakan dalam pembuatan sebuah logo. Merah dapat membangkitkan gairah serta intensitas didalam semua hal. Banyak restaurant dan produk makanan serta minuman yang menggunakan warna dominan merah pada logonya. Hal ini ditujukkan untuk untuk mencari pelanggan potensial yang memiliki intensitas yang baik serta mendapat pelayanan yang baik. Sebagai contoh, banyak perusahaan makanan cepat saji menggunakan warna dominan merah pada logonya. Dengan warna merah pada logo akan menimbulkan hasrat dan keinginan pada pelanggan untuk mencobanya.

 

Orange : Kesenangan, keberanian dan antusiasme

Warna Orange dapat mendeskripsikan berbagai emosi dan makna, namun makna yang paling mencerminkan warna orange adalah Ketegasan. Orange tidak sekuat warna merah untuk membangkitkan sebuah emosi passion dan juga tidak cukup gelap untuk menjadi tenang dan halus. Orange akan cocok untuk Brand atau bisnis yang berani / tegas namun jenis produk atau jasanya merupakan hal yang halus dan innocent. Seperti mainan, tempat penitipan anak, tempat wisata dsb.

Warna orange akan sangat mudah untuk permainan kontras warna. Contohnya jika memadukan warna orange dengan warna gelap (Hitam). Maka akan memberikan pesan yang tegas dan serius.

 

Kuning : kegembiraan, suka cita, energy, perhatian 

Warna kuning adalah warna cerah yang secara alami membangkitkan emosi kebahagiaan daripada warna yang lain. Namun, sama seperti orange, jika dipadukan dengan warna yang lebih gelap, kesan kebahagiaan pada warna kuning akan hilang dan akan terlihat lebih tegas dan serius. Inilah alasan sederhana mengapa warna kuning sering digunakan dalam logo yang mencerminkan kekanak-kanakan. Dengan demikian, warna kuning lebih cocok untuk perusahaan yang mencerminkan dengan anak-anak, keluarga atau toko-toko.

 

Hijau : Harmoni, Segar, Ambisi, Keserakahan

Hijau merupakan warna yang umumnya berkaitan dengan alam, keuangan dan keamanan. Banyak sekali perusahaan rekreasi dan wisata alam terbuka menggunakan warna hijau untuk mendorong kesan alam yang natural dan harmonis. Bagi anda yang ingin mendesain logo untuk perusahaan peralatan kemah, perawatan pekarangan, keuangan atapun makanan yang berhubungan dengan kesehatan, dapat menggunakan akan sangat efektif jika menggunakan warna dominan hijau pada logonya.

 

Biru : Tenang, kepercayaan, keyakinan, keseriusan

Biru adalah warna yang paling terkait dengan bisnis karena membangkitkan rasa keseimbangan serta kecerdasan yang tenang. Seperti warna biru pada air, dengan menggunakan warna biru pada logo anda, anda mendorong pelanggan untuk membaca tujuan perusahaan anda dan keseriusan anda pada bisnis tersebut. Inilah alasan mengapa warna biru cenderung menghiasi logo perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang jasa untuk Problem Solving.

 Warna biru yang ringan membangkitkan kepercayaan, dimana warna biru gelap lebih membangkitkan kesan kecerdasan dan profesional. Keduanya baik untuk digunakan dalam logo, tergantung anda untuk memutuskan mana yang lebih cocok untuk pangsa pasar bisnis anda.

 

Ungu : Ambisi, martabat, misterius, independen

Jika kita lihat, jarang sekali perusahaan yang menggunakan warna ungu di logonya. Warna ungu pada logo cenderung membangkitkan emosi yang sangat spesifik. Itulah yang membuat warna ini menjadi warna yang menarik bagi semua orang tetapi tetap membangkitkan kesan unik dan berbeda dari yang lainnya. Warna ungu dapat dihubungkan dengan perusahaan-perusahaan mewah seperti perhiasan, mobil mewah, atau perusahaan kecantikan.

 

Cokelat : Kenyamanan, kekuatan, kemalasan, isolasi

Warna cokelat adalah warna yang paling sederhana diantara semua warna. Warna cokelat lebih mencerminkan maskulin, gagah, serta nyaman. Warna cokelat yang paling umum digunakan adalah warna cokelat tua yang tampaknya menjadi sebuah pesan khusus yang dapat memberi tahu pelanggan bahwa mereka menawarkan produk / jasa yang akan menimbulkan rasa aman, nyaman dan gagah. Karena warna cokelat berdekatan dengan warna emas, warna cokelat juga dapat dijadikan sebuah symbol kemewahan.

 

Hitam : Kekuatan, misterius, berduka, elegan

Jika anda ingin mendesain logo dan menunjukkan kesan kuat dan kokoh, cobalah untuk menggunakan sedikit warna hitam pada logo anda. Hitam adalah dominasi dan finalisasi utama. Semakin besar anda ingin memberikan kesan Kuat pada perusahaan anda, semakin banyak pula warna hitam yang digunakan dalam logo anda. Contohnya saja Nike. Dengan symbol checklist dan warna yang full hitam, membuat orang-orang yang menggunakan produknya merasa lebih kuat.

 

Putih : Kepolosan, kemurnian, kebersihan

Tidak banyak perusahaan yang menggunakan banyak warna putih dalam logonya. Perusahaan yang memiliki warna dominan putih adalah perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang kemungkinan akan sering atau selalu digunakan oleh para pelanggan.  Dengan adanya warna mutlak putih dalam logo anda, anda seolah memberi informasi kepada pelanggan untuk mempertimbangkan produk mereka dan meyakinkan bahwa mereka tidak akan menyesal dan puas dengan produk yang mereka beli.

 

Dengan mengetahui makna emosi warna dalam pembuatan sebuah logo, maka akan dapat membatu dan menjadikan gudline bagi anda khususnya bagi seorang desainer. jangan lupa untuk membaca pengetahuan mengenai desain lainnya di blog organix, Facebook Fan organix atau Twitter account Organix di @organixdigital.

 

Credit to :

- youthedesigner.com

- designing-logos-with-color-psychology

 

Author : M. D. Septa

Developer flash yang telah berpengalaman lebih dari delapan tahun dalam membangun aplikasi-aplikasi berbasis website juga aktif sebagai co-founder agensi Organix Digital.



<< Kembali ke blog