Jenis - Jenis CMS

CMS (Content Management System) adalah suatu sistem atau aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengelola dan memfasilitasi proses penambahan, pembaharuan, penghapusan dan publikasi konten dalam sebuah website baik dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun dalam format-format lain yang perlu dikelola.

Dalam membangun sebuah CMS website, dapat dilakukan dengan menggunakan open source serta bisa menggunakan template standard dari beberapa penyedia opensource CMS. Berikut beberapa contoh CMS opensource yang cukup sering digunakkan oleh developer.

WordPress

Merupakan salah satu CMS opersource yang paling digemari di dunia, biasanya digunakan untuk mesin blog(blog engine). wordpress menggunakan bahasa pemrograman php dan database mysql.

Mambo

Mambo pada awalnya disebut Mambo Open Source atau MOS adalah free software atau open source content managemen system yang digunakan untuk membuat dan memanagement website melalui sebuah interface yang simple. Sekarang ini mambo banyak dipilih dan digunakan kerana kemudahan yang diberikan untuk mengoperasikannya. Seperti hampir semua CMS yang digemari mambo memiliki kemampuan templating atau kemampuan untuk mengganti tampilan website tanpa harus melakukan upload / perubahan kontent. Mambo menyediakan kemudahan dan komponen-komponen seperti shopping chart, photo gallery, forum, pools, calendars website searching, multi bahasa dan lain-lain. 

Joomla

Kata Joomla diambil dari sebuah kata dari suku Swahili iaitu Jumla yang bermaksud “menjadi kesatuan” bisa dikatakan memiliki kemampuan sama dengan Mambo, kerana CMS ini code awalnya Joomla! 1.0.0 menggunakan code Mambo 4.5.2.3. Banyak komponen Mambo juga boleh digunakan di sebagai Plugin Joomla begitu juga sebaliknya. Kemampuan kami memilih plugin yang tepat untuk setiap release yang dipilih memalui proses penyelidikan mengindari terjadinya konflik atau crash karena banyak plugin memerlukan penyesuaian disetiap versinya.

Drupal

Drupal adalah content management system dan blogging engine yang pertama kali dikembangkan oleh Dries Buytaert sebagai sebuah sistem bulletin board. Sekarang ini Drupal banyak digunakan oleh website-website yang mempunyai traffic tinggi dan mempunyai tahap pengendalian sebuah website yang hirarki yang kompleks.

AuraCMS

AuraCMS adalah hasil karya anak bangsa yang merupakan software CMS (Content Managemen System) untuk website yang berbasis PHP4 & MySQL berlisensi GPL (General Public License). Beberapa open source CMS yang telah dibahas diatas memang yang paling sering digunakkan untuk membuat CMSwebsite oleh para developer.

Namun untuk membangun website besar yang sangat dinamis. Baik dari segi keamanan dan keselarasan keinginan dari user. maka sangat dianjurkan untuk mengembangkan CMS dengan metode custom. Beberapa Digital Agency Terpercaya sudah menerapkan metode ini. Karena dengan CMS custom maka akan dapat meningkatkan tingkat user friendly karena memang akan mengikuti keinginan user dan memiliki size file yang bisa disesuaikan dengan tingkat kebutuhan. Selain itu yang paling penting adalah tingkat keamanan yang bisa dioptimalkan dibandingkan dengan CMS Open Source diatas.

 

Author : M. D. Septa

Developer flash yang telah berpengalaman lebih dari delapan tahun dalam membangun aplikasi-aplikasi berbasis website juga aktif sebagai co-founder agensi Organix Digital.



<< Kembali ke blog