Jenis - Jenis Website

Website adalah sejumlah kumpulan halaman yang memiliki topik saling terkait dan dapat diakses melalui internet. Website dapat menampilkan data teks, data gambar juga data video dan data berkas lainnya. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi dalam pembuatan website di seluruh dunia, Jenis dan fungsi website-pun semakin beragam baik dari segi fungsi ataupun sifatnya.

Berdasarkan sifatnya website dibagi menjadi 2 (dua), yaitu :

1. Website Dinamis,

Website Dinamis merupakan website yang isi kontennya dapat diperbarui tanpa harus melakukan penambahan code dalam sistem website tersebut. Karena didalam website Dinamis sudah tertanam sebuah sistem CMS (content management system). Sistem CMS ini Berfungsi sebagai sarana untuk menambah, memperbarui atau menghapus konten website. CMS ini biasanya dioperasikan oleh seorang admin website yang bertanggung jawab dan memiliki akses dan tanggung jawab terhadap isi konten website. Website Dinamis dipergunakan untuk sebuah website yang memiliki data yang harus terus diperbarui.

2. Website Statis, website statis adalah website yang kontentnya tidak bisa dirubah secara fleksibel dan perlu melakukan code ulang untuk merubah isi konten didalam website tersebut. Website statis tidak memiliki CMS, biasanya website jenis ini banyak dipergunakan untuk website yang tidak memerlukan perubahan konten yang cukup sering.

 

SEE ALSO : DEFINISI DAN SEJARAH WEBSITE

 

Selain sifat, biasanya jenis website juga dibedakan berdasarkan fungsi utamanya. Selanjutnya dibawah ini adalah jenis-jenis website apabila dibedakan berdasarkan fungsinya:

1. Search Engine.

Website Search Engine adalah website yang menyediakan layanan mesin pencari. Fungsi dari website ini adalah sebagai pencari seluruh website yang telah terdaftar di internet. Selain itu website jenis ini juga dapat mencari isi konten berdasarkan keyword pencarian yang dimasukkan melalui mesin pencari. Contohnya adalah Google, dan Yahoo.

2. Blog

Blog adalah bentuk website yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

 

3. Networking dan Sosial Media.

Website ini merupakan website yang memungkinkan user yang telah menjadi member bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi konten dari halaman mereka dan dapat berinteraksi dengan rekan member yang lain. Contoh dari website networking ini adalah facebook dan twitter.

 

4. Forum.

Website forum sebenarnya hamper sama dengan website networking, namun lebih berfokus pada interaksi para member untuk berdiskusi maupun bertukar informasi dan pemikiran sesuai dengan fokus atau kategori yang terdapat didalam forum tersebut. Website forum yang terbesar di Indonesia saat ini adalah kaskus.

 

5. Portal Berita dan Informasi

Portal berita dan informasi adalah website yang berfungsi untuk mengelola dan mempublikasikan berita kepada para pengunjung di internet, konten website ini harus selalu diperbarui setiap harinya. Bisa juga berisi opini dan komentar-komentar seputar politik, teknologi dan lain-lain. Situs-situs berita ini seperti layaknya koran, majalah dan buletin online. Konsep dan karakteristik situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis berita dan target pembacanya. Beberapa contoh situs berita adalah detik, kompas, cosmopolitan dan lain-lain.

  

6. Multimedia.

Website yang menyediakan fasilitas multimedia. Website ini dapat melakukan streaming untuk video, maupun audio tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk mengakses website multimedia akan diperlukan internet dengan kecepatan koneksi yang cukup tinggi.

  

7. E-Learning

Biasanya website e-learning dimanfaatkan oleh organisasi pendidikan dan perusahaan untuk menyediakan fasilitas belajar dan pelatihan melalui internet.

 

8. E-Commerce.

Website E-Commerce merupakan website yang bersifat komersial atau website yang bertujuan untuk melakukan perdagangan secara online atau direct selling. Website E-Commerce berperan sebagai toko virtual dimana para pengunjung dapat melihat, memilih serta melakukan pembelian atas produk yang di publikasikan dalam website tersebut. Contoh website E-Commerce yang paling terkenal adalah E-Bay.

 

9. Cloud

Website Cloud adalah pengembangan dari website media sharing dimana website ini memberikan fasilitas penyimpanan file sekaligus berbagi file bagi anggotanya. dengan fitur sinkronisasi file, pengguna dapat melakukan sinkronisasi otomatis file-file tertentu di Device yang terkoneksi dengan cloud server tanpa perlu melakukan upload file manual. Beberapa contoh website cloud antara lain Dropbox, SkyDrive dan GoogleDrive.

  

10. Company Profile

Website Company profile biasanya berupa website sederhana untuk menampilkan profil dan produk atau jasa serta portfolio sebuah perusahaan. Website jenis ini hanya untuk memperkenalkan profil perusahaan meskipun juga dapat menjadi alat promosi perusahaan di dunia internet. Belakangan ini website Company Profile semakin berkembang dengan menambahkan fitur-fitur tertentu seperti artikel-artikel terkait, bahkan forum diskusi. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan bisnis perusahaan melalui dunia digital.

 

'11. Corporate Website

Corporate Website adalah website yang cukup kompleks yang berisi informasi lengkap mengenai perusahaan secara corporate, baik dari latar belakang, pengurus, jasa perusahaan sampai kegiatan-kegiatan suatu perusahaan.

Author : M. D. Septa

Developer flash yang telah berpengalaman lebih dari delapan tahun dalam membangun aplikasi-aplikasi berbasis website juga aktif sebagai co-founder agensi Organix Digital.



<< Kembali ke blog