Google Hummingbird

Hummingbird adalah nama baru dari algoritma pencarian yang digunakan oleh Google, yang akan menghasilkan hasil pencarian yang lebih baik dari sebelumnya. algoritma hummingbird diluncurkan tepat pada saat ulang tahun google yang ke 15 yaitu pada tanggal 27 September 2013. Algoritma baru dari google ini telah merubah hampir 90 persen dari algoritma yang lama dan menjadi perubahan algoritma google yang terbesar selama 12 tahun terakhir yang merupakan penyempurna dali algorityma sebelumnya seperti penguin dan panda serta sangat mempengaruhi pencarian di seluruh dunia yang menggunakan Google. 

Fitur terbaru yang terdapat pada algoritma Hummingbird adalah "Conversational search", yaitu pencarian dengan memanfaatkan kueri yang tidak berdasarkan atas kata saja namun lebih kepada kalimat percakapan. Fitur ini diclaim oleh google akan lebih "manusiawi" dan berinteraksi sehingga keyword terutama kalimat pencarian akan mendapatkan hasil yang lebih relevan.

Secara khusus, Google mengatakan bahwa Hummingbird lebih memperhatikan setiap kata dalam query, memastikan bahwa seluruh permintaan, seluruh kalimat atau percakapan atau makna diperhitungkan, bukan kata-kata tertentu. Tujuannya agar hasil pencarian lebih cocok dan relevan sehingga akan sesuai dengan makna yang dicarinya, Hummingbird adalah strategi baru untuk mengelola pencarian yang lebih kompleks dengan cara memahami arti dan hubungan pada setiap kata-kata dan konsepnya.

Terdapat beberapa faktor yang menentukan di Era Hummingbird yaitu :

1. Domain Factors

2. Page-Level Factors

3. Site-Level Factors

4. Backlink Factors

5. User Interaction

6. Social Signals

7. Brand Signals

8. On-Site Webspam Factors

9. Off Page Webspam Factors

Update Algoritma ini membawa perubahan pada pengolahan data secara semantik. Di mana Algoritma ini tidak hanya mengolah kata demi kata, tapi berusaha "memahami" keinginan anda dari seluruh kata yang dimasukkan. Itu berarti perubahan ini lebih mengacu pada kueri yang panjang seperti kalimat.

Apakah Efek Algoritma Hummingbird terhadap website ?

Hummingbird secara langsung tidak akan mempengaruhi sebuah website dan SEO, karena jenis algoritma ini ditujukan sebagai fitur pencarian bukan penilaian sebuah website. namun secara tidak langsung sebuah website terutama yang bersifat blog harus memiliki konten yang lebih tertata dan relevan. karena dengan teknologi yang dimiliki oleh hummingbird yang memiliki queri yang dapat mentelaah sebuah kalimat dari sebuah keyword pencarian, maka kemungkinan besar hasil pencarian yang muncul pada halaman google adalah website yang benar benar memiliki kontent yang baik dan relevan.

Dengan launchingnya algoritma dari google ini tentu saja menjadi sebuah awal baru yang cukup baik bagi kemajuan website dan dunia internet karena secara tidak langsung akan mendorong para blogger atau perusahaan yang mengandalkan internet sebagai salah satu marketing tools andalannya untuk membuat sebuah konten dan website yang berkualitas

Author : Administrator



<< Kembali ke blog