Definisi dan Sejarah Website

Website, banyak kalangan menyebut website adalah situs, sering juga disingkat dengan web. Definisi website sendiri adalah sejumlah kumpulan halaman yang biasanya memiliki topik saling terkait. Website dapat menampilkan data teks, data gambar, juga data video dan juga data berkas lainnya.

Sebuah website biasanya ditempatkan pada sebuah web server dan dapat diakses melalui jaringan internet dan juga dengan Local Area Network (LAN) melalui alamat internet (Link) yang biasa disebut dengan URL.

Website yang terdapat di dunia digital atau dunia internet dapat diakses melalui World Wide Web (WWW), www adalah suatu ruang informasi tempat berkumpulnya website diseluruh dunia yang dapat diakses melalui internet.

Walaupun bersifat publik, tidak semua website yang beredar didunia dapat diakses kontentnya oleh semua orang, beberapa website mewajibkan pengunjung untuk mendaftar sebagai anggota untuk dapat mengakses isi data dari website tersebut.

Website ditulis dan dibuat dengan menggunakan format HTML (Hyper Text Markup Language) dan kebanyakan diakses melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut HTTP. HTTP adalah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Sedangkan di Indonesia internet baru dikenal luas pada tahun 1994 dan saat itu beberapa situs web yang di buat oleh orang Indonesia hanya menumpang hosting di beberapa universitas luar negeri.

Namun saat ini, terdapat ratusan juta website yang tersebar di seluruh dunia dengan angka pengguna internet yang mencapai milyaran. Sebagian dari website tersebut adalah website yang bersifat komersial dan bisnis. Saat ini website dianggap sebagai salah satu kebutuhan utama baik di perusahaan ataupun dibidang lainnya.

Selain sebagai sarana informasi, website juga dianggap sebagai sebuah “Marketing Tools” yang cukup mumpuni untuk sebuah perusahaan untuk meningkatkan promosi produk / jasa yang mereka miliki. Selain itu website juga dianggap sebagai ajang gengsi dan prestise yang dapat meningkatkan profile perusahaan karena website yang berkualitas akan mencerminkan image professional pada perusahaan tersebut.

Author : M. D. Septa

Developer flash yang telah berpengalaman lebih dari delapan tahun dalam membangun aplikasi-aplikasi berbasis website juga aktif sebagai co-founder agensi Organix Digital.



<< Kembali ke blog