Definisi dan Fungsi Hashtag Pada Sosial Media

Sebuah hashtag adalah kata atau frase tanpa spasi yang diawali dengan simbol hash ("#").  Ini adalah bentuk tag metadata. Kata-kata dalam pesan pada microblogging dan jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Google+ atau Instagram dapat ditandai dengan menempatkan "#" di depan mereka.

Hashtag dapat berupa kalimat atau kata tanpa spasi, contohnya penulisan artikel dengan  penambahan hashtag #OrganixDigital. Dengan hashtag tersebut maka informasi yang ditambahkan hashtag #OrganixDigital akan otomatis tergabung menjadi sebuah kelompok artikel dengan hashtag yang sama didalam satu halaman.

Sebuah hashtag hanya terhubung ke media tertentu dan tidak dapat terhubung dengan gambar atau pesan multi platform atau dari platform yang berbeda. Misalkan hasil artikel atau konten hashtag pada media social facebook tentu saja akan berbeda dengan hashtag dengan media social lainnya seperti twitter atau instagram.

Hastag difungsikan untuk menggolongkan tema atau topik yang lebih spesifik dalam social media, dan di sisi lain hashtag juga mempermudah orang lain untuk mencari topik yang saling berhubungan. Dalam dunia digital, khususnya digital konten marketing pada sosial media, hashtag berguna untuk mengelompokan sebuah tema atau informasi produk agar orang lain atau calon customer dapat menemukan informasi yang anda sampaikan pada sebuah artikel dengan hashtag tertentu.

Hashtag sendiri memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut :

 1. Mempermudah Pengelompokkan Konten

Ketika anda membuat sebuah artikel atau postingan tentang suatu tema atau topik dalam sebuah social media, anda dapat memberikan sebuah hashtag tertentu untuk mempermudah dalam pengelompokkan beberapa artikel yang memiliki tema / topic yang sama serta memudahkan pembaca untuk mengetahui inti dan tujuan dari artikel anda. Bahkan anda dapat membandingkan dan melihat update terbaru dari artikel lain yang memiliki hashtag yang sama dengan artikel yang anda buat.

2. mempermudah pencarian konten

pengelompokkan artikel dengan menggunakan hashtag tentu saja dapat memudahkan anda dalam mencari sebuah informasi atau konten yang anda inginkan. Misalkan anda ingin mengetahui informasi mengenai digital agency pada social media tertentu. Maka anda dapat memasukan hastag #DigitalAgency pada kolom pencarian dan semua artikel atau postingan mengenai topic tersebut akan muncul dalam sebuah kelompok artikel.

 3. Memperluas postingingan anda

Ketika anda menulis sebuah artikel dan postingan pada sebuah social media. Maka yang dapat melihat postingan anda adalah semua orang yang telah menjadi teman atau menjadi follower akun anda. Namun jika anda memberikan sebuah hashtag dalam postingan anda, maka seluruh pembaca atau pencari informasi di social media yang memasukan hashtag terkait dengan artikel anda akan dapat membaca artikel yang anda buat.

 4. Sebagai sarana promosi produk

Sebagai seorang digital marketing, hashtag akan dapat membantu dalam mempromosikan produk yang telah dispesifikasikan kedalam sebuah informasi atau pesan yang telah ditambahkan dengan hashtag. Sejumlah perusahaan telah memanfaatkan fungsi hashtag untuk dapat memperluas jaringan customer dalam mengetahui produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Misalkan sebuah Digital agency akan memberikan hashtag #websitedevelopment dalam promosi produkny untuk menginformasikan para pencari informasi bahwa salah satu jasa dari perusahaan tersebut sesuai dengan hashtag-nya yaitu web development.

Author : Administrator



<< Kembali ke blog